Rabu, 16 Januari 2013

Segmentasi Pasar

SEGMENTASI PASAR

A.     Pasar
1.      Pengertian Pasar
         Menurut Philip Kotler yang melihat arti pasar dalam beberapa sisi antara lain:
a.       Dalam pengertian aslinya pasar adalah suatu tempat fisik dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang dan jasa.
b.      Bagi seorang ekonom, pasar mengandung arti semua pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas barang/jasa tertentu. Dalam hal ini para ekonom memang lebih tertarik akan struktur, tingkah laku, dan performans dari masing-masing pasar ini.
c.       Bagi seorang pemasar, pasar adalah himpunan dari semua pembeli nyata dan pembeli potensial daripada suatu produk.

         Dari keseluruhan dapat diketahui, bahwa besar/luasnya pasar sangat tergantung pada banyaknya pembeli yang mungkin ada suatu tawaran tertentu. Dengan demikian mereka berada di pasar, pada dasarnya memiliki tiga kriteria, yakni minat, pendapatan, dan akses.

2.      Macam-macam Pasar
a.      Pasar Market
          Produsen market juga dinamakan pasar industrial atau pasar bisnis terdiri atau pasar bisnis terdiri atas semua individu dan organisasi yang memperoleh barang dan jasa yang masuk ke dalam produksi dari produk atau jasa lainnya yang dijual, disewa atau disediakan bagi orang lain.
b.      Reseller Market
          Reseller market terdiri atas semua individu dan organisasi yang memperoleh barang atau untuk disewakan kepada orang lain dengan mendapatkan keuntungan.
c.       Government Market
          Government market adalah suatu pasar yang terdiri atas unit-unit pemerintah pusat dan daerah maupun departemen yang membeli atau menyewa barang atau menjalani tugas-tugas pemerintah.

d.      Consumer Market
          Consumer market adalah pasar untuk produk dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan/keluarga untuk pemakaian pribadi bukan untuk keperluan usaha.

e.      International Market
          Sehubungan dengan usaha pemerintah untuk meningkatkan ekspor nonmigas dalam rangka meningkatkan pendapatan terhadap devisa bagi negara untuk pembangunan negara dan bangsa, maka peranan pasar internasional bagi komoditas Indonesia sangat diperlukan pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

B.     Pengertian Segmentasi Pasar
           Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, dimana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogeny dalam segela aspek.
           Oleh karena itu segmentasi pasar merupakan inti dari strategi pemasaran ada dua kegiatan penting yang harus dilaksanakan:
1.      Pemilihan pasar yang akan dijadikan sasaran penjualan dimana suatu kegiatan yang menentukan kemampuan untuk mengukur secara efektif kesempatan penjualan di berbagai segmen pasar.
2.      Pemilihan marketing mix yang sangat tepat adalah suatu kegiatan yang memerlukan kemampuan untuk menilai kebutuhan-kebutuhan segmen yang berlainan.

C.     Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar
1.      Tujuan segmentasi pasar
Tujuan segmentasi pasar adalah sebagai berikut:
a.       Untuk mencapai posisi yang kuat dalam penjualan barang dan jasa.
b.      Untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang diharapkan.
c.       Untuk memudahkan di dalam melaksanakan analisis pasar.
d.      Agar perusahaan dapat membedakan pasarnya.
e.       Agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap para konsumen.
f.        Agar tujuan pemasaran produk yang dibuat perusahaan jauh lebih efektif dan efisien.

2.      Manfaat segmentasi pasar
a.       Pasar dapat mengatur lebih baik produknya dan marketing appeal-nya.
b.      Perusahaan dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respons marketing yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan budgetnya dengan lebih tepat terhadap berbagai segmen.

Alasan-alasan melakukan segmentasi adalah hal yang penting, meliputi:
a.       Semakin majunya kebutuhan manusia, semakin heterogen masyarakat, beragam kebutuhan dan selera masyarakat.
b.      Semakin maju perekonomian, akan semakin banyak kompetitor yang harus dihadapi perusahaan.
c.       Segmentasi akan membantu perusahaan untuk meraih competitive advantages terhadap saingan-saingannya melalui diferensiasi produk.
d.      Segmentasi akan membantu perusahaan menemukan segmen-segmen yang dapat dilayani secara maksimal.

3.      Persyaratan Segmentasi Pasar
a.       Dapat diukur (measure ability)
Besarnya dan daya beli setiap segmen baru harus dapat diukur dengan tingkat tertentu.
b.      Dapat dicapai (accessibility)
Seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif.
c.       Besarnya (substantiality)
Suatu kelompok akan pantas disebut segmen apabila cukup besar dan atau cukup menguntungkan.
d.      Dapat dilaksanakan (actionable)
Seberapa jauh program-program efektif dapat disusun untuk menarik minat segmen.



4.      Dasar-dasar Segmentasi
a.      Segmentasi geografik
Agar lebih jelas dibawah ini dijelaskan hal-hal yang berhubungan dengan faktor geografis, diantaranya:
1.      Wilayah dapat menentukan segmen pasar yang berupa pasar lokal, pasar regional, pasar nasional dan pasar internasional. Cara menangani pasar yang berdasarkan wilayah yang sangat berbeda-beda.
2.      Iklim, segmentasi pasar berdasarkan iklim dapat diperoleh segmen pasar yang berupa pasar menurut daerah pegunungan, dataran rendah, dan daerah pantai. Pasar menurut iklim kebutuhannya sangat berbeda-beda, begitu pula keinginannya, selerahnya serta preferensinya.
3.      Kota dan desa, segmentasi pasar berdasarkan kota dan desa diperoleh segmen pasar berupa pasar daerah perkotaan dan pasar daerah pedesaan.

b.      Segmentasi demografik
Adapun yang menjadi alasan demografi menjadi dasar segmentasi adalah:
1.      Masalah kependudukan mudah diukur.
2.      Kebutuhan para konsumen/para pembeli, sangat berhubungan dengan variabel-variabel kependudukan.

c.       Segmentasi psikografik
Segmentasi pasar secara psikografik adalah mengelompokkan pasar pelanggan berdasarkan karakteristik kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Berikut ini yang termasuk segmentasi psikografik:
1.      Segmentasi benefit
2.      Segmentasi penggunaan
3.      Segmentasi respon promosi
4.      Segmentasi loyalitas

Keterbatasan-keterbatasan dalam melakukan segmentasi dapat dibedakan sebagai berikut:
a.       Beban biaya yang lebih besar.
b.      Memerlukan komitmen korporat.
c.       Menyediakan informasi yang umum, bukan individual
Tingkat segmentasi Pasar
Pemasaran Massa
(Tanpa Segmentasi)
Pemasaran Segmen
Pemasaran Relung
Pemasaran Mikro
(Segmen Penuh)

Keterangan:
a.       Pemasaran massal, yaitu memproduksi secara massal, mendistribusikan secara massal dan mempromosikan secara massal produk yang hampir sama dengan cara yang hampir sama kepada semua konsumen.
b.      Pemasaran segmen, memisahkan segmen-segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan satu atau lebih segmen tersebut.
c.       Pemasaran relung, memfokuskan diri pada subsegmen atau relung pasar yang memiliki sejumlah ciri bawaan yang khas yang mungkin mencari kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
d.      Pemasaran mikro, praktik perancangan produk dan program pemasaran supaya sesuai dengan selera individu dan lokasi yang spesifik yang meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual.

5.      Mensegmentasi Pasar Konsumen
Variabel-variabel yang dapat digunakan untuk mensegmentasi pasar dapat dikelompokkan dalam empat golongan, yaitu:
a.       Geografis segmentasi, yaitu pengelompokkan pasar yang didasarkan atas daerah/wilayah. Misalnya Jawa Tengah, Bali, dan sebagainya.
b.      Demografis segmentasi, yaitu pengelompokkan pasar yang didasarkan atas berbagai macam kelompok atas dasar keadaan suatu masyarakat yang berubah, meliputi:
1)      umur: 0, 4, 5, 9, 10, 14, 17, 25 dan sebagainya.
2)      Jenis kelamin: Pria dan wanita.
3)      Besarnya keluarga: 1, 2, 3, 4, 5, dan ke atas.
4)      Family life cycle: Bujangan, NMC (new maried couple), punya anak FN (full nes I, II, III dan seterusnya)
5)      Penghasilan dibawah Rp. 200.000,00 – Rp. 500.000,00 dan seterusnya.
6)      Jabatan/pekerjaan: petani, pegawai dan sebagainya.
7)      Agama: Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan sebagainya.
8)      Kebangsaan: Melayu, Cina, Arab, dan sebagainya.
c.       Psychografic segmentasi, yaitu pengelompokkan pasar yang didasarkan kepada gaya hidup atau kepribadian.
Kelompok psychografic ini terbagi menjadi tiga diantaranya:
1)      Swingers adalah mereka yang selalu mencari barang yang up to date  dan gerak cepat, cara hidup mereka adalah mementingkan kesenangan.
2)      Seekers adalah kelompok yang selalu membeli barang yang tinggi di masyarakat.
3)      Plain joes adalah kelompok yang selalu mencari barang-barang yang biasa, yang tidak mencolok mata, tetapi dapat memenuhi kebutuhan.
d.      Segmentasi menurut tingkah laku adalah pengelompokkan pasar yang didasarkan kepada tingkah laku para pembeli yang dibagi dalam kelompok-kelompok berbeda berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian atau tanggapan mereka terhadap hasil produksi sesungguhnya atau sikap pelengkapnya.

D.    Contoh-contoh Segmentasi Pasar
1.      Segmentasi Pasar Atas Jenis / Tipe Pasar
Pada umumnya pasarnya dapat dibedakan menjadi empat jenis/tipe, yaitu:
a.       Pasar konsumen
Pasar konsumen terdiri atas perorangan yang membeli barang untuk dikonsumsi atau diperdagangkan.
b.      Pasar produsen
Pasar produsen ini terdiri atas perorangan atau organisasi yang akan membeli produk untuk digunakan dalam proses produksi dan kemudian hasilnya dijual kembali kepada para konsumen/para pembeli.
c.       Pasar pedagang
Pasar pedagang ini, terdiri atas perorangan atau organisasi yang biasa disebut pedagang perantara (dealer serta distributor).
d.      Pasar pemerintah
Pasar pemerintah terdiri atas instansi pemerintah yang membeli untuk membantu atau melaksanakan operasional dalam pemerintahan.



2.      Segmentasi Pasar Konsumen
Sebelum dilakukan pembahasan segmentasi pasar konsumen, terlebih dahulu pasar konsumen itu perlu dianalisis dengan konsep enam “o” (The six o’s concept), yaitu:
a.       Siapa yang berada di dalam pasar tersebut? yaitu Occupants.
b.      Apa yang dibeli oleh pasar tersebut? Yaitu Objects.
c.       Kapan terjadi transaksi pembelian di pasar tersebut? Yaitu Occassions.
d.      Siapa yang ikut serta dalam pembelian di pasar tersebut? Yaitu Organization.
e.       Mengapa pasar itu membeli? Yaitu Objectivies.
f.        Bagaimana caranya pasar itu membeli? Yaitu Operations.

3 komentar:

  1. Segmentasi pasar memang sangat penting bagi semua bisnis. Cari tahu apa arti rekber.

    BalasHapus
  2. Thanks infonya,, sangat membantu.

    BalasHapus
  3. apa perbedaan segmentasi pasa domestik dan segmentasi pasar international ? mohon jawabanya ,.trimakasih .

    BalasHapus