Minggu, 13 Januari 2013

Ideologi komunisme



IDEOLOGI KOMUNISME

A.    Pengertian Ideologi Komunisme
           Ideologi komunis atau komunisme merupakan perlawanan besar pertama dalam abad ke-20 terhadap sistem ekomomi yang kapitalalis dan liberal. Komunisme adalah sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat priduksi (tanah, tenaga kerja, modal) yang bertujuan untuk tercapainya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama. Komunisme ditandai dengan prinsip sama rata sama rasa dlam bidang ekomomi dan sekularisme yang radikal tatkala agama digantikan dengan ideologi komunias yang berseifat doktriner. Jadi, menurut ideologi komunis, kepentingan-kepentingan individu tunduk kepada kehendak partai, negara dan bangsa (kolektivisme).

B.     Ciri-ciri Ideologi Komunisme
1.      Ajaran komunisme adalah sifatnya yang ateis, tidak mengimani Allah. Orang komunis menganggap Tuhan tidak ada, kalau ia berpikir Tuhan tidak ada. Akan tetapi, kalau ia berpikir Tuhan ada, jadilah Tuhan ada. Maka, keberadaan Tuhan terserah kepada manusia.
2.      Sifatnya yang kurang menghargai manusia sebagai individu. terbukti dari ajarannya yang tidak memperbolehkan ia menguasai alat-alat produksi.
3.      Komunisme mengajarkan teori perjuangan (pertentangan) kelas, misalnya proletariat melawan tuan tanah dan kapitalis.
4.      Salah satu doktrin komunis adalah the permanent atau continuous revolution (revolusi terus-menerus). Revolusi itu menjalar ke seluruh dunia. Maka, komunisme sering disebut go international.
5.      Komunisme memang memprogramkan tercapainya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas, semua orang sama. Namun, untuk menuju ke sana, ada fase diktator proletariat yang bertugas  membersihkan kelas-kelas lawan komunisme, khususnya tuan-tuan tanah yang bertentangan dengan demokrasi
6.      Dalam dunia politik, komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis. Maka, ada Partai Komunis Uni Soviet, Partai Komunis Cina, PKI, dan Partai Komunis Vietnam, yang merupakan satu-satunya partai di negara bersangkutan. Jadi, di negara komunis tidak ada partai oposisi. Jadi, komunisme itu pada dasarnya tidak menghormati HAM.




Ciri-ciri ideologi komunisme lainnya:
1.      Perubahan atas sistem kapitalisme harus dicapai dengan cara-cara revolusi, dan pemerintah oleh diktator proletariat sangat diperlukann pada masa transisi.
2.      Pada masa transisi, dengan bantuan negara di bawah diktator proletariat, seluruh hak milik pribadi dihapuskan dan diambil alih serta selanjutnya berada di bawah kontrol negara.
3.      Negara dan hukum akan lenyap karena tidak lagi diperlukan.

C.    Kebaikan dari Ideologi Komunisme
           Kebaikan dari ideologi komunisme menganggap semua orang itu sama, sehingga dalam ajarannya komunisme memprogramkan tercapainya masyarakat yang makmur dan masyarakat komunis tanpa kelas dan juga mengajarkan teori perjuangan (pertentangan) kelas, misalnya proletariat melawan tuan tanah dan kapitalis.
           Karena ajarannya itu, banyak rakyat jelata yang miskin sangat tertarik untuk menganut ideologi komunisme tersebut. Hal itu bukan disebabkan karena propaganda ajarannya saja, tetapi juga karena tindakan-tindakan nyata untuk mencukupi kebutuhan material mereka. Contohnya RRC. Rakyat Cina berjumlah lebih dari 1,1 milyar. Kita tidak pernah dengar kelaparan dan ketelanjangan di Cina. Karena komunisme disana mampu memenuhi janji memakmurkan rakyat, komunisme di Cina laku. Namun, supaya tetap laku, komunisme Cina mengalami liberalisasi. Secara fisik dapat mencermati busana pemimpin RRC sekarang, bukan jas tutup lagi seperti Mao Zedong dan Chou En Lai, melainkan jas buka seperti Bill Clinton atau Antony Blair. Dalam bidang ajaran, RRC juga mengadakan lilberalisasi, seperti merebaknya kebebasan beragama dan beribadah. Jadi komunisme asli tidak ada lagi.

D.    Keburukan dari Ideologi Komunisme
           Keburukan dari ideologi komunisme bersifat atheis (tidak mengimani Tuhan dan tidak mengangap Tuhan itu ada), kurang menghargai mamnusia sebagai individu, tidak menghormati HAM, dan lain-lain

E.     Perbandingan Antara Komunisme, Pancasila dan Liberalisme
           Secara ringkas, Ir. Heru Santoso, M.Hum dalam bukunya Sari Pendidikan Pancasila menggambarkan pembandingan ideologi-ideologi tersebut sebagai berikut:

No
Komunisme
Pancasila
Liberalisme
1.
Atheis
Monotheisme
Sekuler
2.
HAM diabaikan
HAM dilindungi tanpa melupakan kewajiban asasi
HAM dijunjung secara mutlak
3.
Nasionalisme ditolak
Nasionalisme dijunjung tinggi
Nasionalisme diabaikan
4.
Keputusan ditangan pimpinan partai
Keputusan melalui musyawarah mufakat dan voting (pemungutan suara)
Keputusan melalui voting (pemungutan suara)
5.
Dominasi partai
Tidak ada dominasi
Dominsi mayoritas
6.
Tidak ada oposisi
Ada oposisi dengan alasan
Ada oposisi
7.
Tidak ada perbedaan
Ada perbedaan pendapat-pendapat
Ada perbedaan pendapat
8.
Kepentingan negara-negara
Kepentingan seluruh rakyat
Kepentingan mayoritas

F.     Mengapa Ideologi Komunisme Tidak Bisa Dipraktekan di Indonesia?
           Alasannya adalah komunisme tidak sesuai dengan kepribadian dan pandangan hidup Bangsa Indonesia, dimana Bangsa Indonesia sangat mengakui adanya Tuhan, masyarakat Indonesia sangat menghormati HAM, dan lain-lain.

G.    Tokoh-tokoh Penganut Komunisme
           Adapun tokoh-tokoh yang menganut ajaran komunisme adalah Karl Mark, Friedrich Engels, Joseph Stalin, Leonid Breznev, Mao Zedong, Chou En Lai, Muso, Aidit, dan lain-lain.

H.    Negara-negara yang Menerapkan Ideologi Komunisme
           Negara-negara yang menerapkan ideologi komunisme, diantaranya ialah: Rusia, RRC, Vietnam, Korea Utara, Albania, dan Kuba.

I.       Pancasila Lawan Komunisme
           Ciri-ciri ideologi Pancasila sangat bertentangan dengan ciri-ciri ideologi komunisme. Jadi, pancasila dan komunisme tidak mungkin dipersekutukan. Itu ibaratnya minyak dan air. Atau kucing dan anjing, yang tidak mungkin ditaruh dalam satu sangkar, karena pasti bertarung.
           Namun, andaikata pemerintah akan memperbolehkan adanya “komunisme di Indonesia dengan mencabut Tap XXV/MPRS/1966, itu hanya sampai taraf hidup berdampingan di atas landasan dasar filsafat dan ideologi pancasila.
           Paham komunis untuk pertama kali diperkenalkan oleh seorang Belanda bernama Sneevliet dan mendirikan Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) yang pada tahun 1920 diubah menjadi Partai Komunisme Indonesia (PKI) yang diketuai oleh Semaun dan Darsono. Untuk mendapatkan anggota dilakukan dengan cara infiltrasi (menyusup) ke dalam partai lain. Pengalaman sejarah menunjukkan, PKI pernah mengalami dan menerima Pancasila sebagai dasar filsafat dan ideologi negara, kemudian berkhianat. Pemerintah, pada tahun 1960-1965 meminta PKI agar memasukan Pancasila ke dalam anggaran dasarnya. Karena itu, keberadaannya diakui. Bung Karno percaya, PKI mau menerima Pancasila secara lahir batin. Sehingga ia  berani mengajarkan prinsip persatuan Naskom. Peristiwa G30S/PKI mengesankan PKI menipu presiden, para pembesar RI, dan rakyat yang bukan komunis.

38 komentar:

  1. Bagus sekali..lebih tingkatkan lagi pemahaman sejarah

    BalasHapus
  2. maaf, anda dapat referensi dari mana? Karena sepertinya tulisan anda agak merendahkan ideologi komunis. Yang dikhawatirkan disini adalah ada hal-hal yang melenceng dari realitas dalam tulisan anda, yang akan mengubah cara pandang orang2 terhadap komunisme yang sebenarnya. Tulisan2 seperti ini sebenarnya sangat baik untuk mencerdaskan bangsa, tetapi harus diingat bahwa tulisan2 seperti ini sangat besar perannya terhadap persepsi2 pembacanya, khususnya bagi para pelajar yang baru ingin mempelajari berbagai macam ideologi. Terima kasih, salam satu bangsa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kalau memang ini tulisan ada pelencengan sejarah tolong di perbaiki di mana kata yang harus diperbaiki supaya kita semua tahu, trimakasih ... lg belanjar juga mas bro jd tolong balesanya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. benar sekali... mohon diperbanyak referensi bacaan nya.. jangan pada satu sisi / satu sudut saja.. karena bacaan ini sangat penting untuk adik adik kita nantinya... terimakasih..

      Hapus
  3. yg harus dipertanyakan adalah apakah marx sebagai pencetus ideologi komunis. apakah ia pernah mengakui bahwa dirinya memang tidak bertuhan atau ia hanya memisahkan agama dan sosial dalam mewujudkan komunisme sendiri? sehingga harus di catat apakah memang komunisme identik dengan ateis. sedangkan pki berasal dari sarekat islam dan tokoh2nya sendiri adalah orang2 beragama islam seperti halnya Tan Malaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju.... atheis dan komunis itu beda jauh... TAN MALAKA tokoh komunis Indonesia umur 9 tahun sudah hafal Al-Qur'an
      jadi jangan dihubungkan dulu antara komunis dan atheis...
      terimakasih atas perhatiannya

      Hapus
    2. karena Tan Malaka pun sesungguhnya orang yang taak agama..dan seorang muslim

      Hapus
  4. Balasan
    1. udah TUA tapi masihh tetep GUUOBLOKKK aja nteee ama DOKTRIN Sosialiss

      Hapus
  5. Tiap ideologi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2, serta penempatan yang disesuaikan dg kondisi tertentu pula, jadi pelajari semua ideologi / konsep pemikiran lalu tempatkan pada kondisi yang sesuai.

    BalasHapus
  6. Lebih Baek tidak bertuhan tapi adil dan sejahtera daripada Bertuhan tapi korupsi melulu... lihatlah umat beragama di indonesia Mayoritas Koruptor adaLah BERTUHAN...
    Jadi TULISAN ANDA TIDAK BERMUTU !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa anda liatt di CINA/Soviet/KORUT tidak ada Korupsii..??lalu apa salah TUHAN??kenapa jadi anda salahkan TUHAN..mutu jawabann anda gax lebihh dari sampahh diujung GOT

      Hapus
  7. Ohh begitu
    aku lgi belajar memahami kata 'komunis' sebenarnya itu apa


    tapi aku agak krg 'klick' ketika dibilang komunis itu orang yg tak bertuhan. Benarkah????
    Jadi bertuhan tidak bertuhannya ss'org harus sesuai pemimpin dulu ya??

    Kembali k G30S
    kenapa ya org2 sllu menjantumkan PKI di belakang G30S,, padahal sejarah sesungguhnya masih simpang siur.. Dan pemikiranku jg belum tentu yg melakukannya G30S itu adalah PKI. Itu hanya dugaanku sebab kala itu PKI telah diuntungkan bnyak oleh Pak Soekarno, bukankah pencapaian mereka tuk mensejahterakan Kaum buruh/Tani sudah dapat sedikit2 dari Pak Soekarno. Dan lagi difikirkan salah satu letjen yg meninggal klw ga salah alm. S Soeparman kali y ntah lupa pokoknya dri 7 jendral itu dah,, itu adalah adik kandung dari ... (lupa nama) yg merupakan salah satu komite PKI
    pertanyaan : benarkah PKI sekejam itu hingga tak memperdulikan siapapun orang2 yang dibantai baik saudara kandung tou bukan jika tak sejalan harus ditumbas???

    Bgitu pendapat saya,, hingga agak ga enag tiap nemu kata G30S/PKI
    akan lebih enag kalau G30S aja.. Krna sejarah itu sudah amburadul akan kenyataan sesungguhnya


    hehe kepanjangan ye

    yg tw info2 komunis,, bagi link aku ingin mempelajari lebih dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. G30S/PKI adalah sebuah kudeta militer dari sayap MILITER PKI,itu tidak terbantahkan,pelajari referensi gerakan ini dari pelaku yg bukan PRO PKI..itu baru Obyektif.

      https://www.youtube.com/watch?v=GQSCScL_XNI

      Siapa nama KOMITE PKI kakak S.Parman yg anda maksud..??

      Jika anda hendak mengatakan itu sebuah konspirasi,konspirasi apa??bukankah zaman itu jg ada jg DPR/MPR..??dan soeharto hanyalah mandataris MPR sampe lengser..??
      NASAKOM..Nasional Agama Komunis,itu ide Soekarno dengan niatan menjadikan semua berlandas pada ideologi Pancasila, jadi niatan soekarno menjadikan PKI dulu adalah PKI Pancasila.

      Tapi apa hendak dikata..Komunis ya tetap Komunis,gax ada itu pake komunis Pancasila sesuai ide NASAKOM soekarno..dan Komunis Jika sudah kuat berkuasa,semua lawan akan disikatt dan dibabat...wujud gerakan makarnya adalah G30SPKI..(isu pak karno yg akan hidup dalam hitungan bulan sesuai diagnosa Dokter RRC), PKI tidak mau didahuluiii..semua lawan dibabat,lawan PKI terkuat di Jakarta adalah ANGKATAN Darat...dan kita bisa liat semua 7 prajurit terbaik TNI AD dikuburr secara keji disebuah sumur sempit didaerah lubang buaya.

      PKI kuat di Jawa tengah dan DIY,PKI juga tukang bunuh orang
      Berikut cerita kekejaman PKI di daerah jatinom Klaten SOLO (basis terkuat PKI) :

      1. Tujuh orang Kyai dari jatinom Klaten dibunuh oleh orang-orang PKI daerah sekitar Gunung Merapi dekat Boyolali,dengan alasan diminta berdakwah..Tujuh Kyai itu lenyapp dihabisii, dan entah dimana jasad mereka dibuang.

      2. Sembilan orang pemuda ansor di desa Jangger boyolali dibunuh oleh orang-orang PKI disekitar daerah pekuburan desa setempat.

      Musuh PKI adalah kaum Agama dan Nasionalis...NA-SA-KOM,dan Komunis pengen berkuasa penuh dengan menghalalkan segala cara.

      Di Indonesia..seorang Petani zaman dulu rata-rata memiliki tanah sendiri biar cuman sepetak/dua petak..jadi rakyat petani biar cuman kecil-kecilan,mereka masih punya lahan atau tanah garapan.
      Marhein seorang petani dijadikan simbol oleh soekarno..jadilah muncul ajaran Marhaenisme ala soekarno.

      Pelajari komunis jangan dari orang Komunis..karena mereka pasti akan membela diri dan merasa diri mereka adalah PALING BENAR.

      Hapus
    2. setahu saya yang "menjemput" para pahlawan revolusi pada G30S adalah pasukan CAKRA BHIRAWA / PASPAMPRES...

      Hapus
    3. Bener nih, sebelumnya pki sangat kuat sehingga bisa memanfaatkan soekarno untuk menguasai indonesia, untung ada jend soeharto dkk

      Hapus
    4. Bener nih, sebelumnya pki sangat kuat sehingga bisa memanfaatkan soekarno untuk menguasai indonesia, untung ada jend soeharto dkk

      Hapus
  8. amat disayangkan bahwa penulis tidak mencantumkan sumber referensi yang digunakan dalam proses penulisan ini..

    BalasHapus
  9. saya mau menannyakan,
    atas dasar apa menuliskan komunis itu atheis?

    BalasHapus
  10. B. Ciri-ciri Ideologi Komunisme
    1. Ajaran komunisme adalah sifatnya yang ateis, tidak mengimani Allah. Orang komunis menganggap Tuhan tidak ada, kalau ia berpikir Tuhan tidak ada. Akan tetapi, kalau ia berpikir Tuhan ada, jadilah Tuhan ada. Maka, keberadaan Tuhan terserah kepada manusia

    Tiada tuhan selain allah.
    brarti islam juga komunis dong, hehehe
    gagal paham ane

    BalasHapus
  11. Atheis adalah theology sedangkan komunis adalah ideologi mereka berbeda jauh.
    dalam perjalanan hidup Tan Malaka seorang guru yang bisa menjadi tempat dia mengumpulkan refrensi adalah KH Hasyim Ashari pemilik pesantren tebu ireng (ayah gusdur) beliau mengatakan komunis seperti teori islam rahmatan lil alamin. tampa klas. " di depan orang banyak maka aku bukanlah muslim.tapi di hadapan tuhan aku adalah seirang muslim. karna tuhan mengatakan bahwa banyak setan di antara banyaknya manusia" TAN MALAKA

    BalasHapus
  12. plis gue mau tanya, kan komunis itu menjanjikan kemakmuran rakyatnya kan.. nah pas gue presentasi teman gue tanya,caranya mereka memakmurkan anggotanya gimanaaa

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komunis itu ada yg benar benar tdk bertuhan tapi juga ada komunis yang bertuhan.
    Biasanya ciri cirinya mereka itu bertuhan tetapi tidak mau beragama..mereka lebih suka mengikuti ajaran nenek moyangnya/leluhurnya, Mereka juga tidak suka dgn kaum yg beragama..

    Kumunisme itu hanya kata umum dari sekian banyak aliran komunisme yg ada di dalamnya...
    Artinya aliran aliran komunisme di indonesia itu sangatlah banyak hampir 200san lebih aliran.., dari 200san ini mereka semua tidak beragama,baik agama islam,budha,hindu,ktisten dsb...

    Lalu kenapa tidak tau?
    Itu karena di era pemerinthan soeharto semua warga negara wajib memeluk agama yg berlaku di indonesia yg tertera di KTP..

    Jadi selama ini mereka bertahan dan berpura pura menjadi umat bergama sesuai KTPnya..tapi di kehidupan sehari hari sebenarnya mereka masih belum beragama..

    Kini di era pemerintahan yg berbesa mereka mulai terbuka dan menunjukan jati dirinya..

    BalasHapus
  15. Komunis itu ada yg benar benar tdk bertuhan tapi juga ada komunis yang bertuhan.dan inilah yg membingungkan bagi para peneliti...katanya ateis tapi ko bertuhan.

    Biasanya ciri ciri komunis yg bertuhan ini mereka itu bertuhan tetapi tidak mau beragama..disna tdk ada istilah nabi atau budha apalagi dewa.
    mereka lebih suka mengikuti ajaran nenek moyangnya/leluhurnya, Mereka juga tidak suka dgn kaum yg beragama..

    Kumunisme itu hanya kata umum dari sekian banyak aliran komunisme yg ada di dalamnya...
    Artinya aliran aliran komunisme di indonesia itu sangatlah banyak hampir 200san lebih aliran.., dari 200san ini mereka semua tidak beragama,baik agama islam,budha,hindu,ktisten dsb...

    Lalu kenapa selama ini kita tidak tau?
    Itu karena di era pemerinthan soeharto semua warga negara wajib memeluk agama yg berlaku di indonesia yg harus tertulis di KTP..

    Jadi selama ini mereka bertahan dan berpura pura menjadi umat bergama sesuai KTPnya..tapi di kehidupan sehari hari sebenarnya mereka masih belum beragama..

    Kini di era pemerintahan yg baru mereka mulai terbuka dan menunjukan jati dirinya..

    Dan jangan heran jika ternyata jumlahnya sangat banyak

    BalasHapus
  16. Komunis itu ada yg benar benar tdk bertuhan tapi juga ada komunis yang bertuhan.dan inilah yg membingungkan bagi para peneliti...katanya ateis tapi ko bertuhan.

    Biasanya ciri ciri komunis yg bertuhan ini mereka itu bertuhan tetapi tidak mau beragama..disna tdk ada istilah nabi atau budha apalagi dewa.
    mereka lebih suka mengikuti ajaran nenek moyangnya/leluhurnya, Mereka juga tidak suka dgn kaum yg beragama..

    Kumunisme itu hanya kata umum dari sekian banyak aliran komunisme yg ada di dalamnya...
    Artinya aliran aliran komunisme di indonesia itu sangatlah banyak hampir 200san lebih aliran.., dari 200san ini mereka semua tidak beragama,baik agama islam,budha,hindu,ktisten dsb...

    Lalu kenapa selama ini kita tidak tau?
    Itu karena di era pemerinthan soeharto semua warga negara wajib memeluk agama yg berlaku di indonesia yg harus tertulis di KTP..

    Jadi selama ini mereka bertahan dan berpura pura menjadi umat bergama sesuai KTPnya..tapi di kehidupan sehari hari sebenarnya mereka masih belum beragama..

    Kini di era pemerintahan yg baru mereka mulai terbuka dan menunjukan jati dirinya..

    Dan jangan heran jika ternyata jumlahnya sangat banyak

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Tonton dulu film Harun Yahya tentang komunis, barulah berbicara tentang komunis: https://www.youtube.com/watch?v=D3WpOur1Iis&index=23...

    BalasHapus
  19. Setau saya komunisme itu antitesis kapitalisme.. Jadi gada hubungannya sm mslh teologi. Kalopun dihubung2kan dgn mslh agama, di komunisme yg katanya semuanya "serba rata" itu, keberadaan masing2 agama tidak boleh saling mendominasi satu sama lain. Simpelnya, hak semua warga secara harfiah betul2 dibuat sama rata.

    Ya, itu sebatas yg saya tau lho ya. Kalo emg keliru mohon dikoreksi dan mohon maklum da aku mah apa atuh..?

    BalasHapus